Monday, August 23, 2010

Koleksi Museum Kesultanan Bulungan: The General Pistol



Bebicara mengenai museum Kesultanan Bulungan, nampaknya gak pas jika kita gak berbicara mengenai koleksi di dalamnya, salah satu yang paling saya sukai adalah koleksi berupa pistol bahari atau bedil, jumlahnya sejauh ini ada tiga buah. Koleksi ini merupakan salah satu peninggalan zaman kolonial di bulungan

Orang-orang umumnya menyebutnya pistol, namun didunia barat dia lebih dikenal dengan nama General Pistol, jenis ini amat terkenal di era Bajak laut (The Golden Age of Pirate), atau era VOC alias kompeni dulu. Ukurannya lebih kecil dari Musket atau Flintlock pistol.



Karena itu pistol jenis ini kebanyakan hanya di gunakan oleh komandan pasukan atau pemimpin kapal. General Pistol atau pistol jendral memiliki daya tembak sedang, sama dengan “saudaranya” Flintlock pistol, sedangkan "sepupunya" Musket rata-rata memiliki daya tembak jauh.

Keberadaan senjata seperti ini di asia, bahkan oleh kerajaan-kerajaan melayu sudah cukup lama dikenal, khususnya di zaman kesultanan Malaka dulu. Beberapa diantaranya dikenal dengan istilah Pamoras, Tertakol dan Istinggar alias Musket.
Load disqus comments

0 comments