Wednesday, August 21, 2013

Tanjung Palas Siap Jadi Ibukota Bulungan

BULUNGAN – Ditinjau dari latar belakang sejarah terbentuknya Kabupaten Bulungan dari kesiapan infrastruktur, Kecamatan Tanjung Palas lebih siap menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Bulungan dibanding kecamatan lain di Bulungan. Jika hal itu terjadi, maka dilakukan pemindahan pusat pemerintahan Kabupaten Bulungan dari Tanjung Selor ke Tanjung Palas. Hal itu mengingat, cepat atau lambat, rencananya di Kecamatan Tanjung Selor akan dibentuk menjadi kota, setelah roda pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) berjalan normal dan memiliki gubernur depenitif.

“Dari geografis dan kesiapan lahan tersedia Kecamatan Tanjung Palas saat ini sudah benar-benar siap. Jadi, tak ada alasan lagi jika dikemudian hari pemerintah mengalihkan pusat pemerintahan Kabupaten Bulungan ke kecamatan lain, selain itu pemindahan kembali ke Tanjung Palas,“ terang Anggota DPRD Bulungan, Agung Wahyudianto, siang kemarin.

Dari sisi sejarah, Kecamatan Tanjung Palas merupakan pusat Pemerintahan Kabupaten Bulungan pertama ketika berstatus daerah istimewa. Maka, sangat wajar jika dikembalikan ke tempat semula sebagaimana perjuangan para pahlawan dan pejuang Kabupaten Bulungan yang mendukung dan tetap teguh dalam Negarai Kesatuan Republik Indonesia, kala itu berada dibawah komando Sultan Bulungan Yang Mulia Sultan Maulana Muhammad Djalaludin.

Selain itu, jika pusat Pemerintahan Kabupaten Bulungan telah dipindahkan ke Tanjung Palas, maka terdapat 4 kecamatan yang akan mendapat akses lebih mudah, yakni Kecamatan Tanjung Palas, Sekatak, Tanjung Palas Tengah dan Tanjung Palas Utara. Karena itu, dalam waktu singkat setiap kecamatan yang berkepentingan untuk urusan administrasi ke ibukota kabupaten sebagai pusat pemerintahan akan lebih mudah.

“Untuk pusat ekonomi pemerintah akan diarahkan ke Kampung Lebong hingga Desa Salimbatu. Karena, daerah itu sedikit lebih tinggi dan dipastikan bebas banjir. Sedangkan pusat pendidikan dan lahan tersedia di daerah itu akan diarahkan ke kawasan Desa Gunung Putih,“ tambah Agung. (sah/advhumasdprd).

Sumber : 4 Juli 2013
http://www.korankaltim.com/tanjung-palas-siap-jadi-ibukota-bulungan/
 
Load disqus comments

0 comments