Saturday, August 4, 2012

Meriahnya Parade Birau Tahun 2008

Diantara banyak parade yang saya saksikan, jika boleh jujur parade birau tahun 2008 lah yang paling berkesan, bukan hanya karena meriah, setidaknya menurut pandangan saya, namun juga karena pada tahun-tahun sebelumnya dari SMU hingga kuliah mendekati semester akhir saya selalu ketinggalan menyaksikan Birau. 

Apa daya karena memang saya study di luar Bulungan, hampir 7 tahun saya tak menengok Birau di Bulungan tercinta ini. Itupun jika tak cuti menghindari KKN di masa puasa, mungkin Birau yang berkesan itu tak saya dapatkan.

Birau sesungguhnya merupakan tradisi lama yang telah mengakar jauh dalam budaya Bulungan, dimulai sejak masa Sultan Kaharuddin II, pesta rakyat ini sejatinya untuk mempererat hati antara Sultan dan keluarga kepada rakyatnya. Dalam hikayat Birau bahkan pernah berlangsung selam 40 hari 40 malam dimasa Sultan Maulana Muhammad Djalaluddin II.

Tentang parade dalam birau, beberapa buah foto yang berhasil di abadikan sekitar tahun 1947 oleh Belanda yang saaat ini tersimpan rapi di KTLV meneguhkan dugaan bahwa parade selama Birau pernah berlangsung dimasa Kesultanan tersebut.

Harus saya akui Hp Soni Ericson milik saya tak dapat melewatkan moment berharga ini, saya memang sengaja stand by di depan kantor Depag Tanjung selor untuk mendapatkan momen Birau tahunan yang lama saya lewatkan ini.

Foto Unik Karnaval Birau tahun 2008 















No comments:

Post a Comment

bulungan