Friday, September 27, 2019

Apa saja fakta menarik tentang Dr. Soemarno Sastroatmodjo selama bertugas di Tanjung Selor.

Dr. Soemarno Sastroatmodjo, yang saya ketahui tentang beliau tidaklah banyak kecuali fakta bahwa Ia adalah Kakek dari Kaka dan Bimbim Slank sekaligus pernah menjabat sebagai Gubernur Pertama Daerah Khusus Jakarta Raya dan menjadi Menteri Dalam Negeri dikemudian hari di era Presiden Soekarno

Bagaimana ketika ia betugas di Tanjung Selor? sayangnya minimnya dokementasi mengenai sejarah perjalanan hidupnya ketika setahun ia bertugas di kota pelabuhan kecil tersebut,  membuat tak banyak fakta menarik yang bisa disuguhkan apa lagi beliau sendiri tak lama bertugas, kerena dipindahkan di Kuala Kapuas tahun 1939. Saat ini nama beliau resmi digunakan untuk Rumah Sakit tipe B di Tanjung Selor untuk mengenang jasa-jasanya. 

Lalu fakta apa saja yang menarik tentang sang Dokter selama bertugas di Tanjung Selor;

1. Kedatangan Dr. Soemarno Sastroatmodjo disambut oleh pejabat Belanda di Bulungan, diwakili oleh Asisten Residen Breekland berserta istri, di Pelabuhan Boom Tanjung Selor setelah melakukan perjalanan dari kota Tarakan. Tanjung Selor merupakan kota pertama dimana sang Dokter bertugas sejak Ia menerima Ijasah pada tanggal 2 April 1938.

2. Dr. Mas Sapuan Sastrosatomo adalah Dokter Rumah sakit di Tanjung Selor* yang posisinya digantikan oleh Dr. Soemarno Sastroatmodjo, kelak beliau kemudian menjadi Direktur Rumah Sakit Umum Tasikmalaya tahun 1948-1949.

3. Dr. Soemarno hanya bertugas selama 1 tahun di Bulungan, pada masa pemerintahan Sultan Maulana Muhammad Djaluddin, sekitar 7 tahun setelah beliau naik tahta.

4. Ibu Armistiani, Istri Dr. Soemarno melahirkan anak keduanya di Tanjung Selor, dimana proses persalinannya langsung ditangani sendiri oleh beliau, putri kedua pasangan ini dinamakan Sri Soesilorini. Selain itu selama menemani suami bertugas di Kota pelabuhan kecil tersebut, Ibu Armistiani juga membuat perhimpunan bernama Rukun Istri.

5. Rumah dinas dokter yang sempat dihuni oleh beliau sekeluarga selama di Tanjung Selor, masih berdiri sampai hari ini namun dalam kondisi kurang terawat.

Demikianlah beberapa fakta menarik tentang beliau selama bertugas di Tanjung Selor, semoga bermanfaat.

Note

*Rumah sakit ini dahulu di bangun pemerintah Belanda dimasa Sultan Kasimuddin, letaknya berada persis di depan SMP 01 Tanjung Selor lama atau gedung Perpustakaan Daerah saat ini, sebelum dibongkar sempat menjadi rumah bangsal dan cukup lama ditempati masyarakat, lokasi tersebut sudah disulap menjadi Kantor Kelurahan Tanjung Selor Hulu dan Kantor Kanwil DJPb Prov. Kaltara & KPPN Tanjung Selor di jalan Soetoyo.

Sumber Foto: Istimewa

No comments:

Post a Comment

bulungan